BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Pembelajaran
kooperatif merupakan strategi pembelajaran yang mengutamakan adanya kerjasama
antar siswa dalam kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran. Para siswa
dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil dan diarahkan untuk mempelajari materi
pelajaran yang telah ditentukan. Tujuan dibentuknya kelompok kooperatif adalah
untuk memberikan kesempatan kepada siswa agar dapat terlibat secara aktif dalam
proses berpikir dan dalam kegiatan-kegiatan belajar. Dalam hal ini sebagian
besar aktifitas pembelajaran berpusat pada siswa, yakni mempelajari materi
pelajaran serta berdiskusi untuk memecahkan masalah,
Untuk
mengembangkan potensi to live together salah satunya melalui
model pembelajaran kooperatif. Aktivitas pembelajaran kooperatif menekankan
pada kesadaran siswa perlu belajar untuk mengaplikasikan pengetahuan, konsep,
keterampilan kepada siswa yang membutuhkan atau anggota lain dalam kelompoknya,
sehingga belajar kooperatif dapat saling menguntungkan antara siswa yang
berprestasi rendah dan siswa yang berprestasi tinggi. Berdasarkan penelitian
yang dilakukan Slavin (Ibrahim, 2000:16) tentang pengaruh pembelajaran
kooperatif terhadap hasil belajar pada semua tingkat kelas dan semua bidang
studi menunjukkan bahwa kelas kooperatif menunjukkan hasil belajar akademik
yang signifikan lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol.
Salah
satu model pembelajaran kooperatif yaitu tipe NHT (Numbered Heads
Together). Model ini adalah model yang cukup mudah, namun banyak orang
mengetahui pertama kalinya adalah dengan nama Numbered Heads Togheter, sehingga
menimbulkan persepsi awal yang cukup sulit. Salah satu metode pembelajaran
kooperatif yang cukup banyak diterapkan di sekolah-sekolah adalah Numbered Head
Together atau disingkat NHT, tidak hanya itu saja, NHT juga banyak sekali
digunakan sebagai bahan penelitian tindakan kelas (PTK).
B.
Rumusan masalah
Adapun rumusan masalah pada makalah
model NHT ini adalah :
a. Apa defenisi dari model NHT ( number
head together ) ?
b. Bagaimana penerapan model NHT (
number head together ) ?
c. Apa manfaat model NHT ( number head
together ) ?
d. Kekurangan dan kelebihan model NHT (
number head together ) ?
e. Langkah – langkah pembelajaran model
NHT (number head together ) ?
C.
Tujuan penulisan
Tujuan penulisan dari makalah
model NHT ini adalah :
1.
Sebagai
tugas terstruktur mata kuliah model pembelajaran biologi
2.
Untuk
menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa tentang model tipe NHT
3.
Untuk
mengetahui manfaat model pembelajaran NHT
4.
Untuk
mengetahui kekurangan dan kelebihan pembelajaran model NHT
5.
Mengetahui
kekurangan dan kelebihan pembelajaran NHT
BAB II
LANDASAN TEORI
A.
Defenisi model NHT ( number
heads together )
Model
adalah contoh atau fiqur yang berkaitan dengan strategi mengajar. Model Number
Head Together (NHT) merupakan cara belajar Cooperative
atau beberapa kelompok dimana anak dikelompokan menjadi beberapa kelompok,
setiap siswa dalam setiap kelompok, Setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat
nomor, guru memberi tugas kepada setiap siswa berdasarkan nomor, jadi setiap
siswa memiliki tugas berbeda.
Model
pembelajaran NHT juga merupakan suatu cara penyajian pelajaran dengan melakukan
percobaan, mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu permasalahan yang
dipelajari. Dengan model NHT siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri
atau melakukan sendiri, mengikuti suatu proses, mengamati suatu objek,
menganalis, membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri tentang suatu objek dan
keadaan suatu proses pembelajaran mata pelajaran tertentu.
Number
Head Together adalah suatu Model pembelajaran yang lebih mengedepankan
kepada aktivitas siswa dalam mencari, mengolah, dan melaporkan informasi dari
berbagai sumber yang akhirnya dipresentasikan di depan kelas (Rahayu, 2006).
NHT pertama kali dikenalkan oleh Spencer Kagan dkk (1993).
Model NHT
adalah bagian dari model pembelajaran kooperatif structural. Struktur Kagan
menghendaki agar para siswa bekerja saling bergantung pada kelompok-kelompok
kecil secara kooperatif. Struktur tersebut dikembangkan sebagai bahan
alternatif dari kelas tradisional seperti mangacungkan tangan terlebih dahulu
untuk kemudian ditunjuk oleh guru untuk menjawab pertanyaan yang telah
dilontarkan. Suasana seperti ini menimbulkan kegaduhan dalam kelas, karena para
siswa saling berebut dalam mendapatkan kesempatan untuk menjawab pertanyaan
peneliti (Tryana, 2008).
Menurut Kagan (2007) model
pembelajaran NHT ini secara tidak langsung melatih siswa untuk saling berbagi
informasi, mendengarkan dengan cermat serta berbicara dengan penuh perhitungan,
sehingga siswa lebih produktif dalam pembelajaran.
Menurut
kelompok kami NHT adalah strategi model pembelajaran kooperatif yang
menggunakan angka, dengan tujuan untuk memudahkan guru dalam mengeksplor
aktifitas siswa. Pendekatan yang
dikembangkan untuk melibatkan lebih banyak siswa dalam mencakup suatu
pelajaran, model pembelajaran yang lebih mengedepankan kepada aktivitas siswa
dalam melaporkan informasi.
Ibrahim dalam Herdian (2009: 7)
mengemukakan tiga tujuan yang hendak dicapai dalam pembelajaran kooperatif
dengan tipe NHT yaitu :
1.
Hasil
belajar akademik stuktural
Bertujuan untuk meningkatkan kinerja
siswa dalam tugas-tugas akademik.
2.
Pengakuan
adanya keragaman
Bertujuan agar siswa dapat menerima
teman-temannya yang mempunyai berbagai latar belakang. Tipe pembelajaran
ini memberi peluang bagi sis-wa dari berbagai latar belakang dan kondisi untuk
bekerja dengan saling bergantung pada tugas-tugas akademik dan saling
menghargai satu sama lain.
3.
Pengembangan
keterampilan sosial
Bertujuan untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa.
Keterampilan yang dimaksud antara lain berbagi tugas, aktif bertanya,
menghargai pen-dapat orang lain, mau menjelaskan ide atau pendapat, bekerja
dalam ke-lompok dan sebagainya.
B.
Langkah penerapan pembelajaran model
NHT (number head together)
Adapun
langkah langkah dalam penerapan model NHT yaitu :
a. Penomoran
Penomoran
adalah hal yang utama di dalam NHT, dalam tahap ini guru membagi siswa menjadi
beberapa kelompok atau tim yang beranggotakan tiga sampai lima orang dan
memberi siswa nomor sehingga setiap siswa dalam tim mempunyai nomor
berbeda-beda
b. Pengajuan Pertanyaan
Langkah
berikutnya adalah pengajuan pertanyaan, guru mengajukan pertanyaan kepada
siswa. Pertanyaan yang diberikan dapat diambil dari materi pelajaran tertentu
yang memang sedang di pelajari, dalam membuat pertanyaan usahakan dapat
bervariasi dari yang spesifik hingga bersifat umum dan dengan tingkat kesulitan
yang bervariasi pula.
c. Berpikir Bersama
Setelah
mendapatkan pertanyaan-pertanyaan dari guru, siswa berpikir bersama untuk
menemukan jawaban dan menjelaskan jawaban kepada anggota dalam timnya sehingga
semua anggota mengetahui jawaban dari masing-masing pertanyaan.
d. Pemberian Jawaban
Langkah
terakhir yaitu guru menyebut salah satu nomor dan setiap siswa dari tiap
kelompok yang bernomor sama mengangkat tangan dan menyiapkan jawaban untuk
seluruh kelas, kemudian guru secara random memilih kelompok yang harus menjawab
pertanyan tersebut, selanjutnya siswa yang nomornya disebut guru dari kelompok
tersebut mengangkat tangan dan berdiri untuk menjawab pertanyaan. Kelompok lain
yang bernomor sama menanggapi jawaban tersebut.
Singkatnya, NHT merupakan kegiatan
belajar kooperatif dengan 4 tahap kegiatan. Pertama, siswa dikelompokkan
menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri dari 4 orang. Setiap anggota
kelompok diberi satu nomor 1, 2, 3, dan 4. Kedua, guru menyampaikan pertanyaan.
Ketiga, berpikir bersama, siswa menyatukan pendapatnya terhadap jawaban
pertanyaan itu dan meyakinkan tiap anggota dalam timnya mengetahui jawaban itu.
Keempat, guru menyebut nomor (1, 2, 3, atau 4) dan siswa dengan nomor yang
bersangkutan yang harus menjawab.
C.
Kelebihan dan Kekurangan Model NHT
(number head together)
1. KELEBIHAN
·
Kelebihan
dari model ini,sebagaimana dijelaskan oleh Hill (!993) dalam Tryana (2008) bahwa model NHT memiliki
kelebihan diataranya dapat meningkatkan prestasi belajar
·
Mampu
memperdalam pamahaman siswa, menyenangkan siswa dalam belajar,
·
mengembangkan
sikap positif siswa, mengembangkan sikap kepemimpinan siswa,
·
mengembangkan
rasa saling memiliki, serta mengembangkan keterampilan untuk masa depan.
2. KEKURANGAN
o
Untuk
jumlah siswa yang banyak karena
membutuhkan waktu yang lama.
o
Tidak
semua anggota kelompok dipanggil oleh guru, karena kemungkinan waktu yang
terbatas.
D.
Manfaat model tipe NHT ( number head together )
Ada beberapa manfaat pada model pembelajaran
kooperatif tipe NHT terhadap siswa yang hasil belajar rendah yang dikemukakan
oleh Lundgren dalam Ibrahim (2000: 18), antara lain adalah :
1. Rasa harga diri menjadi lebih tinggi
Siswa diberikan kesempatan untuk
menyampaikan hasil diskusi didepan teman-temannya, sehingga ia merasa bangga
dan merasa dihargai.
2. Memperbaiki kehadiran
Yang dimaksud memperbaiki kehadirin
disini adalah siswa yang mendapat nomor yang tadinya ingin tidak masuk sekolah
menjadi punya tanggung jawab untuk tetap masuk sekolah karena harus
menyampaikan hasil dari diskusi nomor yang ia dapat.
3. Penerimaan terhadap individu menjadi
lebih besar
4. Perilaku mengganggu menjadi lebih
kecil
Perilaku
mengganggu akan lebih kecil karena setiap siswa mendapat nomor pertanyaan yang
berbeda sehingga ia merasa memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikannya
5. Konflik antara pribadi berkurang
Setiap siswa yang mendapat nomor
pertanyaan akan berdiskusi dengan teman kelompoknya begitu juga teman
kelompoknya saling membantu.
6. Pemahaman yang lebih mendalam
Karena setiap kelompok ingin
menampilkan yang terbaik , mereka mencari jawaban dari nomor pertanyaan dengan
sebaik-baiknya pula.
7. Meningkatkan kebaikan budi, kepekaan
dan toleransi
8. Hasil belajar lebih tinggi
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Model
pembelajaran NHT juga merupakan suatu cara penyajian pelajaran dengan melakukan
percobaan, mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu permasalahan yang
dipelajari. Dengan model NHT siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri
atau melakukan sendiri, mengikuti suatu proses, mengamati suatu objek,
menganalis, membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri tentang suatu objek dan
keadaan suatu proses pembelajaran mata pelajaran tertentu.
Model
Number Head Together (NHT) merupakan cara belajar Cooperative atau beberapa kelompok dimana anak dikelompokan menjadi
beberapa kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok, setiap siswa dalam
setiap kelompok mendapat nomor, guru memberi tugas kepada setiap siswa
berdasarkan nomor, jadi setiap siswa memiliki tugas berbeda.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar