PERKEMBANGAN
PESERTA DIDIK USIA MENENGAH
A. PERKEMBANGAN
FISIK
Perkembangan
fisik adalah perubahan yang terjadi ada tubuh manusia. Pada perkembangan fisik
peserta didik usia menengah merupakan periode remaja transisi yaitu antara masa
kanak – kanak dan usia dewasa. Usia peserta didik pada periode transisi adalah
12 – 19 tahun. Pada masa ini juga peserta didik sebagai remaja menyesuaikan
diri dengan suatu bentuk tubuh baru, identitas social, dan memperluas pandangan
tentang dunia.
pertumbuhan
dan perkembangan fisik sangat terlihat nyata baik laki – laki maupun perempuan,
iberikut adalah perkembangn dan perubahan fisik pada peserta didik:
Ø Pubertas,
yaitu menandakan akhir masa kanak – kanak dan awal kematanagn seksual
Ø Perkembangn
hormon seks primer dan seks sekunder
Ø Pertumbuhan
atau peningkatan ecara nyata pada tinggi dan berat badan
Ø Peningkatan
kadar hormone testosterone
B. MASALAH
KESEHATAN
Masalah kesehatan remaja remaja
sering berkolerasi dengan status social ekonomi yang rendah, ola makn yang
buruk, dan perawatan kesehatan yang
tidak memadai, berani mengambil kegiatan beresiko, masalah kepribadian dan gaya
hidup.
Berikut tiga kemungkinan masalah
kesehatan;
1. Gangguan
makan
2. Depesi
3. Penyalagunaan
zat
C. PERKEMBANGAN
KOGNITIF
Peserta didik pada tahap ini dapat
memperimbangkan kemugkinan masa depan, mencari jawaban, menangani masalah
dengan fleksibel, mengui hipotesis, dan menark kimpulan atas kejadian yang
mereka tidak mengalaminya secara tidak langsung.
Titik puncak atau jatuh tempo
perkembangn kognitif terjadi ketika peserta didik sudah memasuki usia dewasa
dan jaringan social makin berkembang.
a.
Perkembangn intelektual
b.
Perkembangn moral dan penilian
c. Pencarian
untuk identitas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar